• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X 3 SMAN 1 BANGOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Diana Safitri - 100210302037_1.pdf (2.834Mb)
    Date
    2014-10-31
    Author
    Diana Safitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kreativitas peserta didik secara klasikal 60,48%, pada siklus 2 meningkat menjadi 71,23%, pada siklus 3 meningkat menjadi 77,95% . Pada siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh persentase sebesar 70,96%, pada siklus 2 memperoleh persentase 77,41% pada siklus 3 memperoleh persentase 83,87%. Pada siklus 1 hasil belajar aspek psikomotorik memperoleh persentase sebesar 62,29%, pada siklus 2 memperoleh persentase 71,57% dan pada siklus 3 memperoleh persentase 77,21%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran CORE pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas X 3 SMA Negeri 1 Bangorejo; (2) penerapan model pembelajaran CORE pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X 3 SMA Negeri 1 Bangorejo. Peningkatan kreativitas dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan model pembelajaran CORE. Saran dari penelitian ini adalah bagi pendidik sejarah, sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik; bagi lembaga pendidikan, dapat berguna dan digunakan sebagai umpan balik bagi kebijaksanaan yang diambil dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan kegiatan pembelajaran; bagi peneliti selanjutnya, agar dapat lebih mengembangkan penelitian pembelajaran dengan model pembelajaran CORE pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang luas dan dalam jangka waktu yang lama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59833
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository