dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan
meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK
Negeri 1 Probolinggo mata pelajaran produktif akuntansi keuangan kompetensi dasar
mengidentifikasi dokumen transaksi. Penelitian ini dilakukan di kelas X Akuntansi 1
SMK Negeri 1 Probolinggo yang terletak di daerah Kota Probolinggo. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan Siklus II yang masing-masing siklus
terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu
memaparkan data yang telah diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan dan mengolah
data hasil observasi yang telah dilaksanakan.
Hasil observasi sebelum tindakan pada kelas X Akuntansi 1 untuk motivasi
dan kemandirian belajar siswa diperoleh skor rata-rata 1,8 dengan kategori rendah
tetapi setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, skor rata-rata motivasi belajar siswa
meningkat menjadi 2,92 dengan kategori sedang dan untuk skor rata-rata kemandirian
belajar siswa meningkat menjadi 2,96 dengan kategori sedang. Pelaksanan pada
siklus I masih dikatakan belum optimal maka guru dan peneliti melanjutkan pada
siklus II. Hasil observasi pada pelaksanaan tindakan siklus II, motivasi dan
kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan skor
rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 3,55 dalam kategori tinggi dengan
peningkatan 0,63 sedangkan skor rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 3,51
dalam kategori tinggi dengan peningkatan 0,55. Dari hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis blog dapat meningkatkan motivasi
dan kemandirian belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Probolinggo mata
pelajaran produktif akuntansi keuangan kompetensi dasar mengidentifikasi dokumen
transaksi semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. | en_US |