• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Probolinggo Mata Pelajaran Produktif Akuntansi Keuangan Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Dokumen Transaksi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014)

    Thumbnail
    View/Open
    YOELINDA PRADO CASSIDY - 090210301098_1.pdf (95.99Kb)
    Date
    2014-10-31
    Author
    YOELINDA PRADO CASSIDY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Probolinggo mata pelajaran produktif akuntansi keuangan kompetensi dasar mengidentifikasi dokumen transaksi. Penelitian ini dilakukan di kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Probolinggo yang terletak di daerah Kota Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan Siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang telah diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan dan mengolah data hasil observasi yang telah dilaksanakan. Hasil observasi sebelum tindakan pada kelas X Akuntansi 1 untuk motivasi dan kemandirian belajar siswa diperoleh skor rata-rata 1,8 dengan kategori rendah tetapi setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 2,92 dengan kategori sedang dan untuk skor rata-rata kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 2,96 dengan kategori sedang. Pelaksanan pada siklus I masih dikatakan belum optimal maka guru dan peneliti melanjutkan pada siklus II. Hasil observasi pada pelaksanaan tindakan siklus II, motivasi dan kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 3,55 dalam kategori tinggi dengan peningkatan 0,63 sedangkan skor rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 3,51 dalam kategori tinggi dengan peningkatan 0,55. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis blog dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Probolinggo mata pelajaran produktif akuntansi keuangan kompetensi dasar mengidentifikasi dokumen transaksi semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59826
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository