• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN PUJERBARU 3 KECAMATAN MAESAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Febrian Kukuh Prayogo - 090210204106_1.pdf (369.8Kb)
    Date
    2014-10-30
    Author
    FEBRIAN KUKUH PRAYOGO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada siklus I dengan kriteria cukup aktif dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 57,5% dan pada siklus II sebesar 82,5%, (2) pembelajaran matematika menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 60% dan siklus II secara klasikal sebesar 90% atau dapat dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil kesimpulan yang diperoleh maka saran yang dapat diajukan adalah : 1) bagi guru, perlu memperhatikan prinsip-prinsip PMRI (RME) antara lain, use of context, use of models, student contributions, interactivity, dan intertwining, jika menerapkan PMRI (RME) pada pembelajaran matematika. 2) untuk lebih meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang dapat dicapai selama pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik sebaiknya guru membiasakan untuk menerapkan pembelajaran tersebut, terutama pada pokok bahasan KPK dan FPB. 3) bagi siswa, siswa hendaknya mampu mengembangkan pengetahuannya dalam pembelajaran matematika dengan penerapan Pendekatan Matematika Realistik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59794
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository