PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN PUJERBARU 3 KECAMATAN MAESAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan
Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada siklus I dengan kriteria cukup
aktif dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase
aktivitas siswa pada siklus I sebesar 57,5% dan pada siklus II sebesar 82,5%, (2)
pembelajaran matematika menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR)
dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari peningkatan hasil
belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 60% dan siklus II secara
klasikal sebesar 90% atau dapat dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil kesimpulan
yang diperoleh maka saran yang dapat diajukan adalah : 1) bagi guru, perlu
memperhatikan prinsip-prinsip PMRI (RME) antara lain, use of context, use of
models, student contributions, interactivity, dan intertwining, jika menerapkan
PMRI (RME) pada pembelajaran matematika. 2) untuk lebih meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar yang dapat dicapai selama pembelajaran matematika
dengan Pendekatan Matematika Realistik sebaiknya guru membiasakan untuk
menerapkan pembelajaran tersebut, terutama pada pokok bahasan KPK dan FPB.
3) bagi siswa, siswa hendaknya mampu mengembangkan pengetahuannya dalam
pembelajaran matematika dengan penerapan Pendekatan Matematika Realistik.