• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TRANSPARANSI PELAYANAN DALAM VAKSINASI MENINGITIS CALON PESERTA UMROH (STUDI DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II PROBOLINGGO WILAYAH KERJA PELABUHAN TANJUNGWANGI KABUPATEN BANYUWANGI)

    Thumbnail
    View/Open
    Mutia Ika Ardyantari - 100910201016_1.pdf (296.1Kb)
    Date
    2014-10-29
    Author
    Mutia Ika Ardyantari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan merupakan paradigma kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan fokus penelitian untuk mengetahui keterbukaan, kejelasan dan kemudahan mengakses informasi penyelenggaraan pelayanan vaksinasi meningitis . Lokasi penelitian adalah di KKP Kelas II Probolinggo wilayah kerja Pelabuhan TanjungWangi.Kantor ini beralamat di Jl. Raya Situbondo km 10 Meneng Kabupaten Banyuwangi, Telepon (0333) 510536. Waktu penelitian dilakukan dengan batas waktu penelitian selama 2 bulan yaitu pada 26Februari - 26April. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam dan observasi dengan data sekunder melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini ada dua yaitu dari pihak penyelenggara layanan (pegawai KKP) dan pengguna layanan (calon jamaah umroh). Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman untuk mencapai kesimpulan guna menjawab rumusan masalah. Agar penelitian memiliki derajat kepercayaan (validitas) peneliti menggunakan teknik triangulasi dengan sumber dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Untuk mengetahui transparansi dalam pelayanan vaksinasi meningitis di KKP TanjungWangi peneliti menggunakan 3 Indikator Dwiyanto sebagai alat ukur.Didapatkan hasil bahwa transparansi administrasi pada pelayanan vaksinasi di KKP TanjungWangi tidak transparan. Kurangnya partisipasi pasien jamaah umroh dalam menanyakan informasi kepada petugas vaksin. Dan petugas vaksin juga tidak menjelaskan apa yang diperlukan pasien ketika proses penyuntikan pasien berjalan. Selain itu dalam peraturan Kemenkes dokter bertindak sebagai pengawas kegiatan vaksinasi meningitis, pada kenyataannya dilapangan tidak ditemukan adanya dokter hanya perawat saja. Jadi untuk memperbaiki proses transparansi administrasi agar berjalan dengan baik seharusnya penambahan tenaga medis perlu ditambahkan agar kegiatan vaksinasi berjalan efektif. Sedangkan untuk administrasi pelayanan sudah berjalan dengan baik dan transparan sehingga hal ini perlu dijaga untuk kedepannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59703
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository