• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KOMPETENSI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA (Kajian Terhadap Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 200 K/Pdt.Sus/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Virdino Fahmi Dimhari - 080710101125_1.pdf (559.5Kb)
    Date
    2014-10-29
    Author
    VIRDINO FAHMI DIMHARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengkaji dan memahami kompetensi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, untuk menkaji dasar keberatan yang dilakukan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) terhadap putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang dianggap melampaui batas kewenangan, serta untuk mengetahui dan memahami Ratio Decidendi Mahkamah Agung dalam memutus sengketa konsumen Nomor 200 K/Pdt.sus/2012 terkait dengan keberatan terhadap putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Metodologi merupakan cara kerja bagaimana menemukan atau memperoleh atau menjalankan kegiatan untuk memperoleh hasil yang konkrit. Menggunakan metode dalam melakukan suatu kebenaran hukum. Metode penelitian merupakan faktor penting dalam setiap penulisan karya ilmiah yang digunakan sebagai cara untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran serta menjalankan prosedur yang benar serta dapat dijalankan secara ilmiah. Penggunaan metode dalam melakukan suatu penelitian merupakan ciri khas dari ilmu untuk mendapatkan suatu kebenaran hukum penggunaan metode dalam penulisan karya ilmiah dapat digunakan untuk menggali, mengolah, dan merumuskan bahan-bahan hukum yang diperoleh sehingga mendapatkan kesimpulan sesuai dengan kebenaran ilmiah untuk menjawab isu yang dihadapi. Sehingga pada akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Metode yang tepat diharapkan dapat memberikan alur pemikiran secara berurutan dalam usaha pencapaian pengkajian. Oleh karena itu, suatu metode digunakan agar skripsi ini dapat mendekati suatu kebenaran akademik dan sistematik dalam analisis dan penulisannya. Kesimpulan dari skripsi ini adalah, pertama kompetensi absolut Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen adalah penyelesaian sengketa konsumen dengan cara Konsiliasi, Mediasi, dan Arbitrase serta penjatuhan sanksi administratif dalam putusan yang diambil oleh majelis hakim. Kedua, Dasar keberatan yang PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terkait dengan putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Medan adalah tentang Subyek sengketa, obyek hukumnya, dan putusan yang menghukum dan membebaskan konsumen dari kewajibannya. Ketiga, Ratio Decidendi Putusan Nomor 200 K/Pdt.Sus/2012 adalah kesalahan dalam pengambilan putusan Badan Penyeleaian Sengketa Konsumen saat memeriksa perkara sengketa konsumen, selain itu keberatan yang diajukan juga tidak diadili secara baik dalam Pengadilan Negeri sehingga Mahkamah Agung mengadili sendiri sengketa konsumen dan mengabulkan kasasi dari pemohon.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59647
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository