Implementasi Bauran Promosi pada UD. Mahby Motor Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi bauran promosi
pada UD. Mahby Motor Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif mengenai implementasi bauran promosi yang diterapkan pada UD. Mahby
Motor Jember dan kesimpulan diambil secara induktif yaitu dari hal-hal yang bersifat
khusus yaitu pelaksanaan bauran promosi di dalam ruang lingkup UD. Mahby Motor
Jember. Deskripsi penelitian ini menjelaskan tentang implementasi bauran promosi
dalam rangka menarik pembelian ulang ataupun baru di UD. Mahby Motor Jember.
Penelitian menggambarkan pelaksanaan bauran promosi yang dijalankan pada UD.
Mahby Motor Jember. Kebenarannya dicari melalui triangulasi yaitu membandingkan
data yang diperoleh dari perusahaan dengan hasil wawancara dengan informan terkait
dengan pelaksanaan kegiatan bauran promosi yang diterapkan pada UD. Mahby
Motor Jember serta hasil dari penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian
menunujukkan bahwa UD.Mahby Motor Jember menggunakan empat bauran
promosi sebagai acuan dari kegiatan promosi yang dilakukan. Bauran promosi yang
digunakan tersebut adalah melalui iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi dan
publisitas. Iklan yang digunakan oleh UD. Mahby Motor Jember adalah brosur,
spanduk dan banner. Promosi penjualan yang dilakukan UD. Mahby Motor Jember
adalah dengan mengadakan pameran dan program hadiah untuk konsumen yang
melakukan pembelian pada periode tertentu. Sedangkan penjualan pribadi yang
dilakukan oleh UD. Mahby Motor Jember adalah melalui salesman dan perantara
dagang (makelar), dimana perantara dagang ini bersifat freelance atau tidak terikat
kepada perusahaan. Publisitas yang dilakukan UD. Mahby Motor Jember adalah
dengan menjadi sponsor pada suatu acara sosial dan menjalin hubungan dengan
pihak-pihak terkait seperti pihak lembaga keuangan, pihak Samsat juga masyarakat.
Dengan dijalankannya empat bauran promosi diatas, UD. Mahby Motor Jember telah
mampu melaksanakan bauran promosi yang telah disusun dengan perencanaan yang
matang sebelumnya. Bauran promosi diatas telah diterapkan UD. Mahby Motor
Jember sampai akhir tahun 2010 dan berjalan efektif karena tujuan dan target dari
pelaksanaan bauran promosi untuk menarik pelanggan atau konsumen baru telah
berhasil dicapai.
Program Studi Ilmu Administrasi Niaga, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember.