Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan Pada Pusat Busana Muslim Syafia Jember
Abstract
Pusat busana muslim Syafia adalah toko busana muslim yang melayani
penjualan baik penjualan kecil maupun partai besar atau yang biasa disebut grosir.
penelitian ini adalah penelitian asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan
untuk mengetahui Hubungan antara dua variabel atau lebih yang bersifat sebab
akibat, penilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian yaitu
pelanggan pusat busana muslim Syafia Jember.
Permasalahan yang akan ditelit i adalah “Bagaimana Hubungan Dimensi
antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada Pusat Busana Muslim
Syafia Jember?” Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Dimensi
kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan secara simultan, untuk mengetahui
Hubungan Dimensi kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan secara parsial,
dan untuk mengetahui variabel yang kuat Hubungan Dimensi kualitas pelayanan
dengan kepuasan pelanggan Pusat busana muslim Syafia Jember.
Data primer diperoleh melalui metode kuesioner dari 100 responden yaitu
pelanggan pusat busana muslim Syafia Jember. Data yang telah diolah kemudian
dianalisis menggunakan rumus koefisien korelasi Rank Spearman. Berdasarkan
hasil perhitungan untuk keandalan / reliability (X1) menunjukkan nilai Hasil
perhitungan menunjukkan nilai rs adalah 0,334 sehingga dapat dikatakan bahwa
hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Sesuai dengan
pedoman pemberian interprestasi dari Usman dan Akbar, maka koefisien korelasi
yang diperoleh sebesar 0,334 berada pada interval 0,21 – 0,40 yang tergolong
mempunyai Hubungan rendah. daya tanggap /responsiveness (X2) menunjukkan
nilai rs adalah 0,465. Sesuai dengan pedoman pemberian interprestasi dari Usman
dan Akbar, maka koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,465 berada pada
interval 041-0,60 yang tergolong mempunyai Hubungan agak rendah.
Berdasarkan hasil perhitungan untuk confidence/keyakinan (X
) menunjukkan
nilai r
s
3
adalah 0,712. Sesuai dengan pedoman pemberian interprestasi dari Usman
dan Akbar, Maka koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,712 berada pada
interval 0,61-0,80 yang tergolong mempunyai Hubungan cukup. Berdasarkan
hasil perhitungan untuk empati / Emphaty (X
4
) menunjukkan nilai r
adalah 0,612.
Sesuai dengan pedoman pemberian interprestasi dari Usman dan Akbar, maka
koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,612 berada pada interval 0,61-0,80
yang tergolong mempunyai Hubungan cukup. Berdasarkan hasil perhitungan
untuk berwujud / tangibel (X
5
) menunjukkan nilai r
adalah 0,323 sesuai dengan
pedoman pemberian interprestasi dari Usman dan Akbar, maka koefisien korelasi
yang diperoleh sebesar 0,323 berada pada interval 0,21-0,40 yang tergolong
mempunyai Hubungan rendah. Hal ini berarti bahwa berwujud / tangibel (X
s
)
mempunyai Hubungan rendah dengan kepuasan pelanggan (Y) di Pusat Busana
s
5
Muslim Syafia Jember. Dari variabel-variabel tersebut dapat diketahui
perhitungan kualitas pelayanan (X) dengan kepuasan pelanggan (Y)
menunjukkan nilai r
adalah 0,726 sesuai dengan pedoman pemberian interprestasi
dari Usman dan Akbar, maka koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,726
berada pada interval 0,61 – 0,80 yang tergolong mempunyai Hubungan cukup.
Hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan mempunyai Hubungan cukup dengan
Kepuasan Pelanggan pada Pusat Busana Muslim Syafia Jember.
s
Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan : terdapat Hubungan
yang signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
pelanggan pada Pusat Busana Muslim Syafia Jember, dengan hasil ujian r
sebesar
0,726 sesuai dengan pedoman pemberian interprestasi dari Usman dan Akbar,
maka koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,726 berada pada interval 0,61 –
0,80 yang tergolong mempunyai Hubungan cukup. Hal ini berarti bahwa kualitas
pelayanan mempunyai Hubungan cukup dengan Kepuasan Pelanggan pada Pusat
Busana Muslim Syafia Jember. Dari kelima dimensi kualitas pelayanan yang
berHubungan dengan kepuasan responden / pelanggan, hasil perhitungan
koefisien regresi secara parsial yaitu variabel keandalan/reliability (X
) sebesar
0,334, Daya tanggap / responsiveness (X
) sebesar 0,465, keyakinan/confidence
(X
3
) sebesar 0,712, Empati/empathy (X421) sebesar 0,612, Berwujud/Tangible (X
)
sebesar 0,323. Variabel kualitas pelayanan yang mempunyai Hubungan paling
kuat dengan kepuasan pelanggan pada Pusat Busana Muslim Syafia Jember
adalah keyakinan /confidence (X
) sebesar 0,712, yang meliputi kemampuan
Pusat Busana Muslim Syafia dalam memberikan penjelasan, bertindak ramah dan
sopan serta memberikan keamanan dalam berbelanja.