PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ALFAMART JL. KALIMANTAN 80 KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah relationship marketing
berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Metode pengambilan
sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling artinya memilih sampel
dilakukan dengan kriteria tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan
Alfamart Jl. Kalimantan 80 Kabupaten Jember minimal bertransaksi tiga kali dan
jumlah sampel yang ditetapkan 100 responden. Metode analisis menggunakan
Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil penelitian menunjukan bahwa relationship marketing berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan Alfamart Jl. Kalimantan 80 Kabupaten
jember; relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan Alfamart Jl. Kalimantan 80 Kabupaten Jember dan Kepuasan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Alfamart Jl. Kalimantan 80 Kabupaten
Jember.