PERSEPSI PELANGGAN ONLINE SHOP DI JEMBER
Abstract
Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
metode deskriptif. Penelitian ini , dimaksudkan untuk menggambarkan tentang
persepsi pelanggan online shop di Jember yang saat ini sudah menjadi life style
dalam kehidupan sehari-hari. Data primer dalam penelitian ini adalah persepsi
pelanggan online shop di Jember, dengan teknik wawancara pada beberapa
informan yang terpilih. Data sekunder dalam penelitian ini adalah gambaran
umum online shop serta fenomena bisnis online di Jember, dan data tentang media
sosial atau website online shop yang sering dikunjungi. Teknik pengumpulan data
penelitian ini, menggunakan wawancara mendalam (in-dept interview), dan
dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini, menggunakan metode
purposive sampling, dengan kriteria masyarakat Jember usia minimal 17 tahun
keatas yang memahami dunia internet dan mengerti cara melakukan belanja
online, dan pernah melakukan belanja online secara aktif minimal tiga kali.
Jumlah informan yang dalam penelitian ini adalah sebelas informan yang
mempunyai profesi atau jabatan yang berbeda-beda. Teknik analisis data yang
digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dari peneliti, diperoleh persepsi positif, dibuktikan dengan 81% dari
11 informan puas dan percaya terhadap layanan online shop, dan 19 % pernah
merasa kecewa terahdap layanan online shop. Namun, persepsi positif ini tidak
lantas mempengaruhi pelanggan untuk melakukan pembelian secara online. Hal
ini disebabkan karena pada umumnya barang-barang dibutuhkan masih bisa
dipenuhi secara nyata serta terdapat kekhawatiran pelanggan, barang berkualitas ,
harga murah belum tentu sesuai yang dijanjikan setelah barang diterima sehingga
lebih memlih berbelanja secara nyata.