ANALISIS PENGARUH MEREK, PERSEPSI HARGA DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT MEMBELI KONSUMEN PADA PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) GALON MEREK BAROKATUL AL-QODIRI
Abstract
Penelitian ini
adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh merek, persepsi
harga, dan daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada produk air minum
dalam kemasan (AMDK) galon merek Barokatul Al-Qodiri. Rancangan dalam
penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai explanatory research yaitu penelitian
yang menjelaskan hubungan dan menguji keterkaitan antara beberapa variabel
melalui pengujian hipotesis atau penelitian penjelasan. Data primer dalam
penelitian ini yaitu jawaban responden melalui item-item kuesioner serta data-data
yang diperoleh dari hasil wawancara dengan konsumen produk air minum dalam
kemasan (AMDK) galon merek Barokatul Al-Qodiri. Populasi dalam penelitian
ini adalah semua konsumen produk air minum dalam kemasan (AMDK) galon
merek Barokatul Al-Qodiri.Metode pengambilan sample yang digunakan didalam
penelitian ini adalah accidentalsampling, yaitu dimana pengambilan elemenelemen
yang dimasukkan didalam sampel dilakukan dengan segaja, dengan
catatan bahwa sample tersebut representative atau mewakili populasi. Variabel
yang digunakan yaitu sebanyak 4 variabel.Skala pengukuran dalam penelitian ini,
menggunakan skala likert yang bersifat ordinal, yang diukur dan dijadikan titik
tolak untuk menyusun item-item instrument pernyataan atau pertanyaan. Alat
analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Analisis
Regresi Linear Berganda merupakan salah satu analisis yang bertujuan untuk
mngetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : 1) Merek berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada
produk air minum dalam kemasan (AMDK) galon merek Barokatul Al-Qodiri; 2)
Persepsi harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada produk air minum
dalam kemasan (AMDK) galon merek Barokatul Al-Qodiri; 3) Daya tarik iklan
berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada produk air minum dalam
kemasan (AMDK) galon merek Barokatul Al-Qodiri, dan; 4) Merek, persepsi
harga, dan daya tarik iklan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli
konsumen pada produk air minum dalam kemasan (AMDK) galon merek
Barokatul Al-Qodiri