PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG JEMBER
Abstract
Secara garis besar jumlah nasabah PT. Bank Syariah Mandiri Cabang
Jember mengalami peningkatan. Peningkatan ini dimungkinkan karena adanya
kepuasan nasabah yang disebabkan kualitas pelayanannya yang baik, terciptanya
hubungan yang harmonis antara nasabah dengan bank, kualitas produk yang
dirasakan cocok dan dapat diterima baik oleh nasabah, untuk menghadapi
persaingan perbankan syariah yang semakin ketat PT. Bank Syariah Mandiri
Cabang Jember harus memperhatikan tingkat kepuasan nasabahnya.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner
yang disebarkan kepada nasabah. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 120 responden
sebagai sampel penelitian. Analisis regresi linier berganda dengan pendekatan
konfirmatori digunakan sebagai metode analisis pada penelitian ini.
Hasil penelitian diperoleh bahwa Etis, Realistis, dan Humanis berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Mandiri Cabang
Jember sedangkan Teistis tidak berpengaruh signifikan. Variabel yang paling
dominan mempengaruhi kepuasan nasabah adalah variabel Humanis.