PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Studi Empiris pada Mahasiswa Tahun Angkatan 2012-2013 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember)
Abstract
Pada dasarnya pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh manusia
untuk meningkatkan taraf hidup ke arah yang lebih sempurna. Perguruan tinggi
memiliki peran yang sangat strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia
melalui pendidikan tinggi. Peningkatan sumber daya manusia tidak hanya diukur dari
segi kuantitas semata melainkan dari segi kualitas. Penelitian ini merupakan
penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau
lebih antara variabel independen (kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan
perilaku belajar) dan variabel dependen (tingkat pemahaman akuntansi) pada
mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi Universitas Jember. Data-data yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Tahapan dalam
penelitian ini dibagi menjadi tahap pra penelitian, pengumpulan data, analisis data,
dan pengambilan keputusan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan
akuntansi di fakultas ekonomi Universitas Jember yaitu berjumlah 161 mahasiswa.
Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
Cluster Random Sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 62 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan
terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan
terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Perilaku belajar berpengaruh signifikan
terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Ada perbedaan tingkat pemahaman akuntansi
mahasiswa berdasarkan jenis kelamin.