• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL DENGAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DI KELAS VII E SMPN 2 SUKOWONO TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Inayatus Sholihah.pdf (197.7Kb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    Inayatus Sholihah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berbagai cara telah dicoba bagaimana menyajikan pendidikan matematika agar supaya menarik perhatian dan tidak membuat siswa merasa takut dalam belajar matematika. Kita ketahui bahwa pengetahuan matematika sifatnya abstrak dan kurang menarik, namun demikian keadaan tersebut sebenarnya dapat diperbaiki dengan mengemas pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pengajaran yang menyenangkan dan tidak membuat siswa takut belajar matematika. Munculnya permasalahan tersebut, maka alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran timbal balik atau Reciprocal teaching dan metode pembelajaran dalam membantu siswa memahami dan mengingat yang mereka baca adalah model pembelajaran PQ4R. PQ4R merupakan akronim dari Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review. Hasil belajar pada penelitian ini adalah kemampuan yang dicapai siswa dalam menyelesaikan tugas, tes akhir, serta aktivitas siswa selama pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut dapat diketahui ketuntasan belajar dari proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas siswa, dan ketuntasan belajar dalam pembelajaran reciprocal dengan metode PQ4R dengan penilaian unjuk kerja. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIE SMP Negeri 2 Sukowono pada tanggal 4 Mei 2011 sampai 12 Mei 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas siswa pada saat pembelajaran adalah melakukan preview 88.89%, membuat pertanyaan (question) 74.75%, membuat ikhtisar dengan langkah read dan reflect 64.65% , membuat prediksi dengan langkah recite 73.74%, dan mencatat dengan melakukan review terhadap seluruh isi bacaan 73.74%. Pada tes pertama semua siswa hadir, siswa yang tuntas 22 anak dan yang tidak tuntas ada 11 anak. Dari hasil observasi tersebut, jelas bahwa penerapan pembelajaran reciprocal dengan metode PQ4R pada siklus pertama belum maksimal. Hal ini disebabkan pembelajaran ini baru pertama kali dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukowono khususnya kelas VII E. Namun pada siklus kedua penerapan pembelajaran ini mengalami peningkatan yaitu melakukan preview 95.96%, membuat pertanyaan (question) 81.82%, membuat ikhtisar dengan langkah read dan reflect 86.87% , membuat prediksi dengan langkah recite 81.82%, dan mencatat dengan melakukan review terhadap seluruh isi bacaan 81.82%. Pada tes kedua semua siswa hadir, siswa yang tuntas 28 anak dan yang tidak tuntas ada 5 anak. Hal ini dikarenakan siswa sudah mulai terbiasa dengan pembelajaran ini dibantu dengan bimbingan dari guru (peneliti). Dari hasil observasi siklus I dan siklus II dapat terlihat terjadi peningkatan baik dari aktivitas siswa, kelompok maupun hasil belajar siswa. Maka berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran reciprocal dengan metode PQ4R ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Sukowono pada pembelajaran pokok bahasan segitiga.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5928
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository