PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kecerdasan emosional, kecerdasan
spiritual, dan perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman
akuntansi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyediakan
pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden yang
merupakan mahasiswa yang masih aktif di jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi
Universitas Jember. Dan data sekunder digunakan untuk mengetahui jumlah
mahasiswa angkatan tahun 2010 di bagian Akademik. Sampel dipilih dengan
menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah
Mahasiswa S1 jurusan akuntansi angkatan tahun 2010 yang masih aktif,belum
dinyatakan lulus dan telah menyelesaikan mata kuliah Pengantar Akuntansi,
Akuntansi Keuangan Menengah 1, Akuntansi Keuangan Menengah 2, Akuntansi
Keuangan Lanjutan 1, Akuntansi Keuangan Lanjutan 2, Auditing 1, Auditing 2,
Auditing 3, Teori Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Biaya, Sistem
Informasi, Sistem Informasi Akntansi, Akuntansi Manajemen dan Akuntansi
Pemerintahan. Sebanyak 110 kuesioner yang dikirim dan 105 kuesioner yang
kembali. Data yang diperoleh kemudian diproses dan dianalisis hanya 73
kuesioner. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah
analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar berpengaruh
positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi.