Show simple item record

dc.contributor.authorINAR YULIAN DWI UTAMI
dc.date.accessioned2013-12-07T03:40:08Z
dc.date.available2013-12-07T03:40:08Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM060210101354
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5926
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru pengajar matematika kelas IX SMP Negeri 13 Jember, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar pada mata pelajaran matematika karena siswa masih melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Pada umumnya kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan teorema atau definisi, kesalahan penggunaan data, kesalahan penafsiran bahasa, dan kesalahan teknis. Model pembelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut adalah model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Pembelajaran dengan teori belajar Bruner merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran ini terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, faktor-faktor penyebab kesalahan, dan efektivitas pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner untuk mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal-soal luas permukaan dan volum bangun ruang sisi lengkung. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IXA SMP Negeri 13 Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa. Alasan pemilihan subjek penelitian ini adalah kelas IXA merupakan kelas yang kemampuan siswanya heterogen sehingga cocok untuk dilakukan penelitian dalam hal mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal-soal matematika. Metode pengumpulan data antara lain observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. ix Proses penelitian diawali dengan tes pendahuluan pada materi luas permukaan dan volum bangun ruang sisi lengkung untuk mengetahui kecenderungan jenis kesalahan siswa sebelum penerapan teori belajar Bruner, kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan teori belajar Bruner yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I pada materi luas permukaan bangun ruang sisi lengkung dan siklus II pada materi volum bangun ruang sisi lengkung. Penerapan teori belajar Bruner untuk mengatasi kesalahan menyelesaikan soalsoal luas permukaan dan volum BRSL pada siswa kelas IX SMP Negeri 13 Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dapat terlaksana dengan lancar meskipun ada beberapa kendala. Siswa juga mengaku senang dengan penerapan pembelajaran ini, apalagi dengan adanya kegiatan memanipulasi alat peraga dalam menyelesaikan LKS dan adanya diskusi kelompok yang membuat siswa semangat dan antusias dalam belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner rata-rata sangat aktif, rata-rata aktivitas siswa pada setiap siklus yaitu siklus I mencapai 77,82% dan siklus II mencapai 84,31%. Selain itu, aktivitas guru juga telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan teori belajar Bruner, yaitu pada siklus I mencapai skor rata-rata 87,78% dan pada siklus II meningkat mencapai skor ratarata 95,56%. Dari hasil wawancara dengan siswa yang melakukan kesalahan diperoleh faktor-faktor penyebab kesalahan antara lain siswa kurang memahami konsep materi luas permukaan dan volum bangun ruang sisi lengkung, siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa kurang memahami teknik berhitung matematika, serta siswa cenderung putus asa jika kesulitan mengerjakan soal. Dari hasil analisis data juga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner cukup efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal luas permukaan dan volum bangun ruang sisi lengkung. Hal ini terlihat dari penurunan persentase jumlah seluruh kesalahan siswa pada tes pendahuluan dan tes diagnostik pada setiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101354;
dc.subjectBelajar Bruner Untuk Mengatasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Luas Permukaan dan Volum Bangun Ruangen_US
dc.titlePENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENGATASI KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LUAS PERMUKAAN DAN VOLUM BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 13 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record