• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENGATASI KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LUAS PERMUKAAN DAN VOLUM BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 13 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    INAR YULIAN DWI UTAMI.pdf (253.7Kb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    INAR YULIAN DWI UTAMI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru pengajar matematika kelas IX SMP Negeri 13 Jember, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar pada mata pelajaran matematika karena siswa masih melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Pada umumnya kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan teorema atau definisi, kesalahan penggunaan data, kesalahan penafsiran bahasa, dan kesalahan teknis. Model pembelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut adalah model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Pembelajaran dengan teori belajar Bruner merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran ini terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, faktor-faktor penyebab kesalahan, dan efektivitas pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner untuk mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal-soal luas permukaan dan volum bangun ruang sisi lengkung. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IXA SMP Negeri 13 Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa. Alasan pemilihan subjek penelitian ini adalah kelas IXA merupakan kelas yang kemampuan siswanya heterogen sehingga cocok untuk dilakukan penelitian dalam hal mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal-soal matematika. Metode pengumpulan data antara lain observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. ix Proses penelitian diawali dengan tes pendahuluan pada materi luas permukaan dan volum bangun ruang sisi lengkung untuk mengetahui kecenderungan jenis kesalahan siswa sebelum penerapan teori belajar Bruner, kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan teori belajar Bruner yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I pada materi luas permukaan bangun ruang sisi lengkung dan siklus II pada materi volum bangun ruang sisi lengkung. Penerapan teori belajar Bruner untuk mengatasi kesalahan menyelesaikan soalsoal luas permukaan dan volum BRSL pada siswa kelas IX SMP Negeri 13 Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dapat terlaksana dengan lancar meskipun ada beberapa kendala. Siswa juga mengaku senang dengan penerapan pembelajaran ini, apalagi dengan adanya kegiatan memanipulasi alat peraga dalam menyelesaikan LKS dan adanya diskusi kelompok yang membuat siswa semangat dan antusias dalam belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner rata-rata sangat aktif, rata-rata aktivitas siswa pada setiap siklus yaitu siklus I mencapai 77,82% dan siklus II mencapai 84,31%. Selain itu, aktivitas guru juga telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan teori belajar Bruner, yaitu pada siklus I mencapai skor rata-rata 87,78% dan pada siklus II meningkat mencapai skor ratarata 95,56%. Dari hasil wawancara dengan siswa yang melakukan kesalahan diperoleh faktor-faktor penyebab kesalahan antara lain siswa kurang memahami konsep materi luas permukaan dan volum bangun ruang sisi lengkung, siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa kurang memahami teknik berhitung matematika, serta siswa cenderung putus asa jika kesulitan mengerjakan soal. Dari hasil analisis data juga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner cukup efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal luas permukaan dan volum bangun ruang sisi lengkung. Hal ini terlihat dari penurunan persentase jumlah seluruh kesalahan siswa pada tes pendahuluan dan tes diagnostik pada setiap siklusnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5926
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository