STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA PT. SUSU SEHAT ALAMI MANGLI JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk
pada PT.Susu sehat Alami Mangli Jember . Penelitian dilakukan di PT.Susu sehat
Alami Mangli Jember, adapun permasalahan dari penelitian ini adalah strategi
pengembangan produk yang seperti apakah yang dipakai PT.Susu sehat Alami
Mangli Jember.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Tahap analisis data pada penelitian ini adalah dengan
menggunakan analisis domain dan taksonomi. Penarikan kesimpulan ini
menggunakan metode induktif yaitu penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat
khusus ke hal-hal yang bersifat umum.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa meskipun PT.Susu sehat Alami
Mangli Jember telah melaksanakan strategi pengembangan terhadap produknya
secara kreatif, namun hal tersebut dirasa belum sesuai dengan keinginan dan masih
dalam tahap percobaan. Produk yang diluncurkan oleh PT.Susu sehat Alami Mangli
Jember adalah produk Milku, yaitu produk susu olahan pasteurisasi dan yogurt tanpa
bahan pengawet dan produk dengan rasa dan kemasan yang tidak kalah dengan
produk-produk susu olahan yang ada dipasaran. Pengembangan produk atau inovasi
yang dilakukan PT.Susu sehat Alami Mangli Jember terhadap produknya yaitu
dengan mengeluakan produk baru berupa yogurt buah, ice cream dan ice jolly.