• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG ( DIRECT INSTRUCTION) DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Puput Isnianto.pdf (8.045Mb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    Puput Isnianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X di SMA Negeri Umbulsari diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran di kelas telah dilengkapi dengan buku pegangan untuk siswa berupa PR Fisika SMA, tetapi guru kesulitan dalam menerapkannya di kelas. Hal ini disebabkan karena buku pegangan berupa PR Fisika SMA tersebut sulit dimengerti oleh siswa, materi yang disajikan tidak lengkap, kurang runtut, serta soal yang disajikan terlalu sulit, sehingga hasil belajar siswa setelah pembelajaran tergolong masih rendah. Informasi lain yang didapatkan adalah bahwa sabagian besar siswa tidak memiliki buku paket/panduan lain yang dapat mendukung proses pembelajaran fisika. Strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan yaitu dengan mengembangkan suatu modul pembelajaran fisika berbantuan animasi macromedia flash dengan model pengajaran langsung (direct instruction) yang dapat digunakan siswa selama proses pembelajaran. Modul pembelajaran fisika adalah suatu paket pembelajaran yang memuat satu unit konsep dari bahan pelajaran fisika sebagai salah satu usaha penyelenggaraan pengajaran individual yang memungkinkan siswa menguasai bahan pelajaran secara mandiri. Animasi macromedia flash merupakan kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan. Model pengajaran langsung ( direct instruction) adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kualitas modul pembelajaran fisika, keterlaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar fisika siswa, dan respon siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran fisika pada pokok bahasan gelombang elektromagnetik. Pengembangan modul pembelajaran fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisinan, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi dan angket. Teknik perolehan data yang digunakan adalah validasi ahli, observasi, tes, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi ahli, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, angket uji keterbacaan dan uji kesulitan serta angket respon siswa. Hasil validasi ahli mendapatkan kesimpulan bahwa modul pembelajaran fisika berkategori baik dan dapat digunakan pada uji pengembangan. Uji pengembangan dilaksanakan dengan melakukan uji homogenitas dengan teknik simple random sampling terlebih dahulu sehingga didapatkan kelas X-5 SMA Negeri Umbulsari sebagai kelas untuk uji pengembangan. Uji pengembangan dirancang dengan one shoot case study. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan penilaian observer telah terlaksana dengan baik, reabilitas instrumen rencana pelaksanaan pembelajaran secara umum bersifat reliabel. Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara classical sebesar 77,78% sehingga siswa kelas X-5 SMA Negeri Umbulsari telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara clasical. Siswa kelas X-5 SMA Negeri Umbulsari memberikan respon positif terhadap penggunaan modul pembelajaran fisika untuk siswa kelas pokok bahasan gelombang elektromagnetik, hal ini disebabkan karena penggunaan modul pembelajaran fisika berbantuan animasi macromedia flash dengan model pengajaran langsung ( direct instruction) merupakan hal yang baru. Siswa menginginkan pembelajaran selanjutnya menggunakan modul pembelajaran fisika pokok bahasan gelombang elektromagnetik yang telah dilaksanakan juga dilaksanakan pada pembelajaran selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5887
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository