• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Denok Dewi Rosa Pratiwi.pdf (248.8Kb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    Denok Dewi Rosa Pratiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika merupakan salah satu pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir serta dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap percaya diri. Namun dalam kenyataannya pada pembelajaran fisika, siswa hanya dituntut untuk menghafal rumus, menghafal contoh soal, dan menghafal proses pengerjaan soal sesuai dengan contoh soal yang mereka peroleh tanpa memahami konsep fisika itu sendiri dan akibatnya, pemahaman siswa terhadap konsep fisika menjadi rendah dan kurang maksimal. Oleh sebab itu, fisika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang memiliki kualitas hasil rendah, terbukti dengan adanya nilai rata-rata evaluasi belajar siswa yang relatif rendah dibandingkan nilai mata pelajaran yang lain. Dengan kondisi tersebut diperlukan suatu model dan metode yang sesuai untuk pembelajaran, salah satunya penggunaan model Cooperative Learning disertai metode Eksperimen. Penggunaan model Cooperative Learning disertai metode Eksperimen diharapkan siswa dapat belajar bersama dalam menyelesaikan suatu permasalahan serta dapat membangun pengetahuan dan memahami pemecahan konsep-konsep dalam fisika melalui percobaan yang dilakukan oleh siswa. Selain itu, juga dapat lebih melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan juga memotivasi siswa untuk berperan penuh dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengkaji ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara model Cooperative Learning disertai metode Eksperimen dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika di SMP, dan (2) Mengkaji aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning disertai metode Eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jenggawah. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling melalui teknik pengundian. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji t diperoleh t hitung = 2,82 dan nilai t = 1,99 sehingga t hitung ≥ t tabel , maka hipotesis nihil (H ) ditolak dan hipotesis kerja (H α 0 ) diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas sebesar 80,57% dan termasuk pada katagori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model Cooperative Learning disertai metode Eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jenggawah tahun ajaran 2010/2011 dan (2) aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jenggawah tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Cooperative Learning disertai metode Eksperimen termasuk aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5880
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15429]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository