PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG KONSTRUKTIVISTIK MELALUI METODE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN SUMBER KEJAYAN03 KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER
Abstract
Perkembangan dan perubahan di segala aspek kehidupan semakin pesat,
begitu juga perkembangan di dunia pendidikan, tuntutan akan kesuksesan suatu
pembelajaran sangat diprioritaskan. Untuk mendukung kesuksesan pembelajaran
tersebut salah satunya yaitu merancang dan menerapkan stategi pembelajaran
dengan metode belajar yang tepat dan sesuai untuk menyampaikan materi
pelajaran, strategi yang menjadi kajian/ bahasan utama pada kesempatan ini
adalah strategi pembelajaarn yang konstruktivistik dengan metode belajar problem
solving pada pelajaran matematika SD.
Rumusan masalah yang ingin disajikan sebagai bahan kajian adalah :
Apakah Strategi pembelajaran yang konstruktif dengan penerapan metode
problem solving dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika siswa kelas
IV Semester II SDN Sumber Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumber
Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember yang berjumlah 25 siswa.
Metode pembelajaran yang digunakan adalah problem solving yaitu suatu metode
dalam pembelajaran matematika yang menekankan pada pemecahan masalah
dengan penyelesaian yang tidak rutin.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran yang konstruktivistik dengan penggunaan metode problem solving
dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika siswa kelas IV Semester II
SD Negeri Sumber Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Saran
yang diberikan oleh peneliti adalah strategi pembelajaran yang konstruktivistik
dengan penggunaan metode problem solving sangat baik untuk diterapkan dalam
pembelajaran matematika di SD, selain untuk mencegah kebosanan juga untuk
meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran matematika.