• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN EFEKTIFITAS MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION AND INTELLECTUALLY (SAVI) DENGAN METODE EKSPOSITORI DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI SMP NEGERI 1 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Sri Suryaningtyas - 100210101020_1.pdf (266.8Kb)
    Date
    2014-07-18
    Author
    Sri Suryaningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Langkah awal yaitu dilakukan uji homogenitas terhadap keenam kelas berdasarkan hasil ulangan materi sebelumnya dengan menggunakan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian pada analisis homogenitas didapat harga Psig>α (0,032>0,025) yang menyatakan bahwa kelas VIII SMP Negeri 1 Jelbuk memiliki kemampuan sama atau homogen. Kemudian hasil analisis uji normalitas dari data nilai pre test dan post test diperoleh harga Psig>α (0,380>0,025) artinya bahwa data nilai pre test kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan harga Psig >α (0,669>0,025) artinya bahwa data nilai post test kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Uji hipotesis yang pertama untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dari hasil analisis didapat Psig<α (0,000<0,025) artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta didapat thitung>ttabel (2,614>1,998) artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis yang kedua untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa dari hasil analisis didapat Psig>α (0,012<0,025) artinya bahwa terdapat perbedaan aktivitas siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis yang ketiga untuk mengetahui efektifitas model SAVI dan ekspositori dari hasil analisis perhitungan SPSS dan kriteria efektifitas pembelajaran didapat bahwa model SAVi lebih efektif dibandingkan metode ekspositori. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran SAVI dan metode ekspositori, terdapat perbedaan aktivitas siswa yang signifikan antara model pembelajaran SAVI dan metode ekspositori serta model pembelajaran SAVI lebih efektif daripada metode pembelajaran ekspositori ditinjau dari hasil belajar dan aktivitas siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58540
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository