• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA ANTARA PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MODEL KELOMPOK DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 SITUBONDO TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Okky Alvionita - 100210101001_1.pdf (186.8Kb)
    Date
    2014-07-18
    Author
    OKKY ALVIONITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir matematis yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan scientific model kelompok dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo tahun ajaran 2013/2014. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan scientific model kelompok lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VII G, dan VII H. Untuk pengambilan sampel, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan analisis varian (oneway ANOVA) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa dengan menggunakan hasil ulangan materi sebelumnya yaitu Aritmatika Sosial. Dari analisis varian ke delapan kelas tersebut dinyatakan homogen, maka diambil 2 kelas sebagai sampel atau objek penelitian dengan tehnik acak (cluster random sampling). Berdasarkan hasil acak didapat kelas VII A dan VII D, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t (independent sample t-test). Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan analisis SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan yang berarti pada tingkat signifikansi 5% dengan nilai thitung sebesar 4,227 dan ttabel sebesar 1,670. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir matematis yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan scientific model kelompok dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo tahun ajaran 2013/2014.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58539
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository