Show simple item record

dc.contributor.authorLulut Eko Yuli Setyowati
dc.date.accessioned2014-07-18T02:59:27Z
dc.date.available2014-07-18T02:59:27Z
dc.date.issued2014-07-18
dc.identifier.nimNIM100210101053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58537
dc.description.abstractBerdasarkan hasil analisis daftar nilai post test yang telah dilaksanakan pada kelas eksperimen semua siswa kelas 8.1 mempunyai nilai diatas KKM yang mempunyai arti semua siswa kelas eksperimen ini tuntas dengan nilai diatas 75. Sedangkan pada hasil pre test pada kelas eksperimen ini terdapat 16 siswa yang nilainya dibawah KKM yaitu dibawah 75 yang berarti tidak tuntas dan 7 siswa lainnya mempunyai nilai di atas 75 atau dikatakan tuntas. Hasil analisis post test yang telah dilaksanakan pada kelas 8.3 terdapat dua siswa yang tidak tuntas dengan nilai dibawah KKM atau dibawah 75. Sedangkan pada hasil pre test kelas kontrol terdapat 19 siswa yang mempunyai nilai dibawah KKM atau tidak tuntas. Kemudian setelah dilakukan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, pada kelas ini jumlah siswa yang tidak tuntas berkurang menjadi 2 siswa saja. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa (pengetahuan) dan keterampilan serta sikap siswa diperoleh informasi bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa, tetapi dalam hal ini hasil yang diperoleh pada kelas eksperimen yakni kelas 8.1 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menunjukkan hasil yang lebih baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari hasil belajar yang berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa. Berdasarkan hasil pengamatan selama penelitian ini, kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw kebanyakan mengalami kesulitan ketika menyampaikan materi yang diperoleh dari kelompok ahli.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101053;
dc.subjectTipe Numbered Heads Together (NHT), Tipe Jigsaw, Bahasan Kubus dan Baloken_US
dc.titlePERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRONO TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record