Show simple item record

dc.contributor.authorFika Ulfatu Nisak
dc.date.accessioned2014-07-18T02:53:26Z
dc.date.available2014-07-18T02:53:26Z
dc.date.issued2014-07-18
dc.identifier.nimNIM100210101043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58536
dc.description.abstractProfil perilaku metakognisi yang paling tinggi presentasenya adalah perilaku membaca soal lebih dari satu kali, yakni mencapai 82,26%. Sedangkan perilaku metakognisi yang terendah adalah tidak memikirkan cara yang lain untuk menyelesaikan masalah yang mencapai presentase sebesar 46,37%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa siswa tidak terbiasa untuk mengerjakan soal dengan cara yang berbeda dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 4 Jember termasuk kategori tingkat berpikir kreatif rendah. Presentase tingkat berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika berturut-turut sebesar 14,52% pada tingkat sangat tinggi, 1,61% tingkat tinggi, 22,58% tingkat sedang, 17,74% tingkat rendah dan 43,55% pada tingkat berpikir kreatif sangat rendah. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran matematika tidak terbiasa dengan open ended problem yang menuntut siswa untuk berpikir lebih kreatif. Kemampuan aspek berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 4 Jember pada aspek fluency, flexibility, dan elaboration berturut-turut sebesar 73,08%, 45,57% dan 49,24%. Aspek yang tertinggi adalah aspek fluency dengan kriteria sedang. Sedangkan aspek yang lain termasuk kategori sangat rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 4 Jember tergolong cukup mampu dalam hal memberikan banyak kemungkinan jawaban, akan tetapi tergolong sangat lemah dalam hal memberikan cara penyelesaian yang berbeda dalam memecahkan masalah matematika dan merinci langkah-langkah pemecahan masalah matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101043;
dc.subjectMetakognisi, Berpikir Kreatif, Matematikaen_US
dc.titlePROFIL PERILAKU METAKOGNISI DAN TINGKAT BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record