• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROFIL PERILAKU METAKOGNISI DAN TINGKAT BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Fika Ulfatu Nisak - 100210101043_1.pdf (599.8Kb)
    Date
    2014-07-18
    Author
    Fika Ulfatu Nisak
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Profil perilaku metakognisi yang paling tinggi presentasenya adalah perilaku membaca soal lebih dari satu kali, yakni mencapai 82,26%. Sedangkan perilaku metakognisi yang terendah adalah tidak memikirkan cara yang lain untuk menyelesaikan masalah yang mencapai presentase sebesar 46,37%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa siswa tidak terbiasa untuk mengerjakan soal dengan cara yang berbeda dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 4 Jember termasuk kategori tingkat berpikir kreatif rendah. Presentase tingkat berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika berturut-turut sebesar 14,52% pada tingkat sangat tinggi, 1,61% tingkat tinggi, 22,58% tingkat sedang, 17,74% tingkat rendah dan 43,55% pada tingkat berpikir kreatif sangat rendah. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran matematika tidak terbiasa dengan open ended problem yang menuntut siswa untuk berpikir lebih kreatif. Kemampuan aspek berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 4 Jember pada aspek fluency, flexibility, dan elaboration berturut-turut sebesar 73,08%, 45,57% dan 49,24%. Aspek yang tertinggi adalah aspek fluency dengan kriteria sedang. Sedangkan aspek yang lain termasuk kategori sangat rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 4 Jember tergolong cukup mampu dalam hal memberikan banyak kemungkinan jawaban, akan tetapi tergolong sangat lemah dalam hal memberikan cara penyelesaian yang berbeda dalam memecahkan masalah matematika dan merinci langkah-langkah pemecahan masalah matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58536
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository