dc.description.abstract | Penelitian yang dilakukan pada tanggal 07 Januari 2014 sampai dengan 23
April 2014 ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran
kooperatif teknik change of pairs dengan pendekatan ilmiah. Daerah penelitian yaitu
SMP Negeri 10 Jember dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VII C (dengan
materi statistika semester genap 2013/2014). Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus.
Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Data
yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Data
yang diperoleh dari hasil tes dan observasi yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan
menggunakan statistik deskriptif yaitu untuk menghitung persentase ketuntasan hasil
belajar siswa dan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Berdasarkan tindakan pada siklus I dan dan siklus II, diperoleh hasil bahwa
pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 74,57 % dengan kategori aktif.
Aktivitas pada siklus II meningkat menjadi 81,75 %. Persentase hasil belajar siswa
pada siklus I mencapai 62,86 %, dan pada siklus II persentase hasil belajar meningkat
menjadi 71,43 %.
Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif teknik change of pairs dengan pendekatan ilmiah (scientific
approach) ini mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan statistika di kelas VIIC SMP Negeri 10 Jember. | en_US |