• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK CHANGE OF PAIRS DENGAN PENDEKATAN ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DI KELAS VII C SMP NEGERI 10 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    ARISTYA DWI AGUSTIN (100210101084)_1.pdf (366.1Kb)
    Date
    2014-07-18
    Author
    ARISTYA DWI AGUSTIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian yang dilakukan pada tanggal 07 Januari 2014 sampai dengan 23 April 2014 ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran kooperatif teknik change of pairs dengan pendekatan ilmiah. Daerah penelitian yaitu SMP Negeri 10 Jember dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VII C (dengan materi statistika semester genap 2013/2014). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil tes dan observasi yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu untuk menghitung persentase ketuntasan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan tindakan pada siklus I dan dan siklus II, diperoleh hasil bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 74,57 % dengan kategori aktif. Aktivitas pada siklus II meningkat menjadi 81,75 %. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 62,86 %, dan pada siklus II persentase hasil belajar meningkat menjadi 71,43 %. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik change of pairs dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) ini mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan statistika di kelas VIIC SMP Negeri 10 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58534
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository