• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MOJOSARI 04 MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    RISZA AYU MARDANY - 100210204076_1.pdf (131.6Kb)
    Date
    2014-07-18
    Author
    RISZA AYU MARDANY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran PKn pokok bahasan menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SDN Mojosari 04 berjalan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari skor pencapaian aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 38,89 dan termasuk ke dalam kriteria kurang aktif meningkat pada siklus I dengan skor pencapaian aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 54,44 dengan kriteria cukup aktif dan pada siklus II sebesar 81,78 dengan kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 15,55 dan peningkatan skor pencapaian aktivitas belajar siklus I ke siklus II sebesar 27,34, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Skor pencapaian hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 59,6 dan termasuk ke dalam kriteria kurang meningkat pada siklus I sebesar 68,7 dengan kriteria cukup dan 76,5 pada siklus II dengan kriteria baik. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 9,1, sedangkan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 7,8. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Mojosari 04 pokok bahasan menghargai keputusan bersama. Saran dari penelitian ini bagi guru diharapkan mampu untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran PKn sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58527
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository