• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SEMESTER II SD NEGERI SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    EMMY PURNAMASARI - 100210204020_1.pdf (148.9Kb)
    Date
    2014-07-18
    Author
    EMMY PURNAMASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 43,07%, meningkat menjadi 62,33% pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 81,05%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan rata-rata dari pra siklus sebesar 61,41 meningkat menjadi 76,45 pada siklus I, dan dari siklus I meningkat menjadi 82 di siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA pokok bahasan keputusan bersama di SDN Sumbersari 01 Jember. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari selisih antara pra siklus ke siklus I sebesar 19,26%, dan selisih dari siklus I ke siklus II sebesar 18,72%. Demikian juga dengan peningkatan hasil belajar siswa dapat dibuktikan dengan selisih dari pra siklus ke siklus I sebesar 15,04, serta selisih dari siklus I ke siklus II sebesar 5,55. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah bagi guru, diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di kelas. Bagi pihak sekolah untuk dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pemilihan model pembelajaran di kelas. Bagi peneliti lain, agar dapat dijadikan alternatif pilihan penelitian lebih lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58526
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository