ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO BUKU TOGAMAS JEMBER
Abstract
Perkembangan dunia usaha saat ini mengalami perkembangan yang sangat
pesat, sehingga setiap perusahaan harus menyusun suatu strategi penjualan dan
pemasaran yang baik. Pemasaran adalah faktor yang sangat penting dalam dunia
usaha untuk mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan
mengkombinasikan informasi-informasi yang didapat dari riset pasar. Ada banyak
faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen baik itu faktor internal
maupun faktor eksternal. Konsekuensi bagi penjual untuk menentukan strategistrategi
yang baik maka terlebih dahulu penjual atau perusahaan sebaiknya harus
mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keputusan pembelian. Oleh
karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktorfaktor
yang memengaruhi keputusan pembelian di Toko Buku Togamas Jember.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengambil keputusan pembelian
di Toko Buku Togamas Jember pada tahun 2014. Sampel yang dipilih sebanyak
90 responden dengan teknik penentuan pengambilan sampelnya adalah dengan
purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data berskala ordinal.
Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode
analisis data menggunakan Analisis Faktor.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ditemukan lima variabel terbentuk
yaitu, Faktor Ketanggapan Pramuniaga, Faktor Adanya Mesin Pencari Barang,
Faktor Musik atau Sound yang Dimainkan, Faktor Kertas Buku Berkualitas Baik,
dan Faktor Penataan Barang.