dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengkonsumsi Olahan ikan dalam
kaleng, hubungan merek terhadap keputusan konsumen, serta segmentasi
konsumen Olahan ikan dalam kaleng di Kota Banyuwangi. Penelitian ini
dilakukan di Kecamatan Banyuwangi, Kecamatan Giri, Kecamatan Kalipuro pada
bulan Agustus 2013 sampai bulan November 2013. Metode yang digunakan
dalam penelitian adalah metode deskriptif dan korelasional. Pengambilan sampel
dilakukan dengan metode Convenience Sampling dan memperoleh total responden
sebanyak 75 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
faktor dan analisis Chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor yang berpengaruh
dominan terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi Olahan ikan dalam
kaleng di Kota Banyuwangi yaitu faktor internal dan eksternal produk yang terdiri
dari variabel citarasa, higienitas, harga, selera, dan gizi. Kemudian faktor kualitas
dan pemasaran produk yang terdiri dari kualitas, kemasan, promosi serta faktor
sumber informasi konsumen yang terdiri dari sumber informasi; (2) Terdapat
hubungan yang nyata antara merek dengan perilaku konsumen pada keputusan
pembelian Olahan ikan dalam kaleng di Kota Banyuwangi; (3) Segmentasi
konsumen yang mengkonsumsi olahan ikan dalam kaleng di Kota Banyuwangi
umumnya memiliki pekerjaan berprofesi sebagai ibu rumah tangga yaitu sebesar
40%, dengan pendidikan perguruan tinggi yang meliputi diploma, S1 dan S2
sebesar 62,6%, tingkat pendapatan konsumen yang berkisar Rp 2.100.000,00 –
3.000,000,00 dengan persentase 36%, serta usia konsumen berada pada usia
dewasa (30-49 tahun) sebesar 48%. | en_US |