Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Karsiyati
dc.date.accessioned2014-07-14T02:02:27Z
dc.date.available2014-07-14T02:02:27Z
dc.date.issued2014-07-14
dc.identifier.nimNIM100210101102
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58254
dc.description.abstractHasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase aktivitas siswa secara individu pada pembelajaran 1 sebesar 74,46%, pada pembelajaran 2 sebesar 79,79%, pembelajaran 3 sebesar 83,42% dan pada pembelajaran 4 sebesar 88,16%. Sedangkan persentase aktivitas siswa secara kelompok pada pembelajaran 1 sebesar 82,53%, pada pembelajaran 2 sebesar 85,8%, pembelajaran 3 sebesar 88,93% dan pada pembelajaran 4 sebesar 93,13%. Berdasarkan data tersebut aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan dari pembelajaran 1 (siklus 1) sampai pembelajaran 4 (siklus 2). Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 yaitu pada pembelajaran 1 sebesar 79,48% dan pembelajaran 4 sebesar 94,87%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 sebesar 78,28% dan pada siklus 2 mencapai 90,61%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode penemuan terbimbing dengan model SQ3R berjalan dengan baik dan lancar karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap pokok bahasan transformasi sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan guru untuk menerapkan metode dan model pembelajaran ini pada materi yang lain khususnya dalam pembelajaran matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101102;
dc.subjectMetode Penemuan Terbimbing, Model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), Bahasan Transformasien_US
dc.titlePENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII G DI SMPN 3 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record