PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII G DI SMPN 3 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase aktivitas siswa
secara individu pada pembelajaran 1 sebesar 74,46%, pada pembelajaran 2 sebesar
79,79%, pembelajaran 3 sebesar 83,42% dan pada pembelajaran 4 sebesar 88,16%.
Sedangkan persentase aktivitas siswa secara kelompok pada pembelajaran 1 sebesar
82,53%, pada pembelajaran 2 sebesar 85,8%, pembelajaran 3 sebesar 88,93% dan
pada pembelajaran 4 sebesar 93,13%. Berdasarkan data tersebut aktivitas siswa
baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan dari pembelajaran
1 (siklus 1) sampai pembelajaran 4 (siklus 2). Persentase aktivitas guru juga
mengalami peningkatan dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 yaitu pada
pembelajaran 1 sebesar 79,48% dan pembelajaran 4 sebesar 94,87%. Persentase
ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1
sebesar 78,28% dan pada siklus 2 mencapai 90,61%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode penemuan
terbimbing dengan model SQ3R berjalan dengan baik dan lancar karena dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap pokok bahasan
transformasi sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan guru untuk
menerapkan metode dan model pembelajaran ini pada materi yang lain khususnya
dalam pembelajaran matematika.