• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII G DI SMPN 3 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Karsiyati - 100210101102_1.pdf (478.8Kb)
    Date
    2014-07-14
    Author
    Siti Karsiyati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase aktivitas siswa secara individu pada pembelajaran 1 sebesar 74,46%, pada pembelajaran 2 sebesar 79,79%, pembelajaran 3 sebesar 83,42% dan pada pembelajaran 4 sebesar 88,16%. Sedangkan persentase aktivitas siswa secara kelompok pada pembelajaran 1 sebesar 82,53%, pada pembelajaran 2 sebesar 85,8%, pembelajaran 3 sebesar 88,93% dan pada pembelajaran 4 sebesar 93,13%. Berdasarkan data tersebut aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan dari pembelajaran 1 (siklus 1) sampai pembelajaran 4 (siklus 2). Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 yaitu pada pembelajaran 1 sebesar 79,48% dan pembelajaran 4 sebesar 94,87%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 sebesar 78,28% dan pada siklus 2 mencapai 90,61%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode penemuan terbimbing dengan model SQ3R berjalan dengan baik dan lancar karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap pokok bahasan transformasi sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan guru untuk menerapkan metode dan model pembelajaran ini pada materi yang lain khususnya dalam pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58254
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository