PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENYELESAIKAN SOAL-SOAL APLIKATIF POKOK BAHASAN SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 9 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 9 Jember.
Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang
dikumpulkan adalah data hasil observasi yang berupa aktivitas siswa dan aktivitas
guru selama pembelajaran, skor lembar kerja siswa (LKS), skor uji kemampuan dan
skor ulangan harian.
Dari hasil pembelajaran diketahui pada siklus I, tahap merencanakan dan
memeriksa kembali pada polya memiliki persentase ketuntasan yang rendah namun
pada siklus II sudah meningkat untuk tahap merencanakan karena guru lebih
membimbing siswa dalam pengerjaan tiap langkahnya. Tetapi untuk tahap membuat
rencana dan mengecek kembali ada beberapa siswa yang masih belum mengalami
peningkatan. Dari hasil wawancara terhadap 3 siswa yang belum tuntas pada siklus II,
mereka masih belum terbiasa dalam membuat rencana dan mengecek kembali.
Mereka masih mengalami kebingungan pada tahap membuat rencana dan memeriksa
kembali. Karena keterbatasan waktu dan izin penelitian, untuk tahap memeriksa
kembali belum bisa dicari solusi yang lebih baik agar mengalami peningkatan.
Penerapan pembelajaran model Polya untuk menyelesaikan soal-soal aplikatif
kelas VII F SMP Negeri 9 Jember terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Untuk aktivitas belajar siswa cenderung mengalami peningkatan dan guru merasa
terbantu dengan pemecahan masalah Model Polya, karena dapat membantu siswa
dalam mengerjakan suatu permasalahan khususnya soal cerita yang bersifat aplikatif
yang sering menyulitkan siswa.