• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA STUDI MATA PELAJARAN EKONOMI DI KEJAR PAKET C UPTD SKB BONDOWOSO TAHUN 2013

    Thumbnail
    View/Open
    AHMAD MAHFUT - 070210201132_1.pdf (54.56Kb)
    Date
    2014-07-14
    Author
    AHMAD MAHFUT
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelaksanaan penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Ekonomi berjalan lancer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar warga belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan aktivitas warga belajar setelah dilaksanakan siklus I dan siklus II. Siklus I pertemuan ke I mengalami peningkatan yaitu 64,40% meningkat menjadi 68,80% pada pertemuan ke II, kategori keberhasilan cukp aktif. Sedangkan pada siklus II pertemuan I meningkat dari 86,40% menjadi 91,20%, kategori keberhasilan sangat aktif. Peningkatan hasil belajar warga belajar Prasiklus dengan siklus I sebesar 53,72% sedangkan peningkatan hasil belajar warga belajar siklus I dengan siklus II sebesar 24%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar yaitu dari 14,28% menjadi 68% pada siklus I dan 68% menjadi 92%. Hal ini telah memenuhi syarat ketuntasan klasikal yaitu ketuntasan warga belajar mencapai ≥92% yaitu melebihi ≥65%. Dari hal tersebut maka peneliti telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar ≥92%. Kesimpulan dari penellitian ini adalah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran kejar paket C di UPTD SKB Bondowoso. Saran dari penelitian ini adalah pamong belajar diharapkan mampu menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dengan baik dalam mata pelajaran Ekonomi sebagai inovasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar warga belajar pada kejar paket C di UPTD SKB Bondowoso.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58225
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository