PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA STUDI MATA PELAJARAN EKONOMI DI KEJAR PAKET C UPTD SKB BONDOWOSO TAHUN 2013
Abstract
Pelaksanaan penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Ekonomi
berjalan lancer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar warga
belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan
aktivitas warga belajar setelah dilaksanakan siklus I dan siklus II. Siklus I pertemuan
ke I mengalami peningkatan yaitu 64,40% meningkat menjadi 68,80% pada
pertemuan ke II, kategori keberhasilan cukp aktif. Sedangkan pada siklus II
pertemuan I meningkat dari 86,40% menjadi 91,20%, kategori keberhasilan sangat
aktif.
Peningkatan hasil belajar warga belajar Prasiklus dengan siklus I sebesar
53,72% sedangkan peningkatan hasil belajar warga belajar siklus I dengan siklus II
sebesar 24%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar yaitu dari 14,28%
menjadi 68% pada siklus I dan 68% menjadi 92%. Hal ini telah memenuhi syarat
ketuntasan klasikal yaitu ketuntasan warga belajar mencapai ≥92% yaitu melebihi
≥65%. Dari hal tersebut maka peneliti telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar
≥92%.
Kesimpulan dari penellitian ini adalah penerapan metode demonstrasi dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran Ekonomi
pokok bahasan permintaan dan penawaran kejar paket C di UPTD SKB Bondowoso.
Saran dari penelitian ini adalah pamong belajar diharapkan mampu menerapkan
metode pembelajaran demonstrasi dengan baik dalam mata pelajaran Ekonomi
sebagai inovasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
warga belajar pada kejar paket C di UPTD SKB Bondowoso.