PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PELAJARAN PKn TEMA HARGA DIRI DI SDN PUJERBARU 01 BONDOWOSO
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Pujerbaru 01 Bondowoso. Subjek penelitian
yaitu kelas III tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 27 orang yang terdiri atas
siswa laki-laki sebanyak 10 orang dan siswa perempuan sebanyak 17 orang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tehnik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil analisis data dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dengan media Kokami pada mata pelajaran PKn. Menunjukkan bahwa aktivitas
belajar siswa telah mengalami peningkatan, rata-rata nilai aktivitas belajar siswa
untuk prasiklus yaitu 56,48 termasuk kategori sedang, siklus 1 sebesar 68,88
termasuk kategori aktif, dan siklus 2 meningkat sebesar 81,48 termasuk kategori
sangat aktif. Hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada setiap siklusnya juga
menunjukkan peningkatan. Nilai prasiklus sebesar 59,44 termasuk kategori kurang
baik, siklus 1 sebesar 67,59 termasuk kategori cukup baik dan siklus 2 sebesar 77,44
termasuk kategori baik.
Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Kokami pada
mata pelajaran PKn tema harga diri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa.