• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PELAJARAN PKn TEMA HARGA DIRI DI SDN PUJERBARU 01 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Arlyn Syantika Dora Vellani - 100210204014_1.pdf (97.17Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Arlyn Syantika Dora Vellani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN Pujerbaru 01 Bondowoso. Subjek penelitian yaitu kelas III tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 27 orang yang terdiri atas siswa laki-laki sebanyak 10 orang dan siswa perempuan sebanyak 17 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Kokami pada mata pelajaran PKn. Menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan, rata-rata nilai aktivitas belajar siswa untuk prasiklus yaitu 56,48 termasuk kategori sedang, siklus 1 sebesar 68,88 termasuk kategori aktif, dan siklus 2 meningkat sebesar 81,48 termasuk kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada setiap siklusnya juga menunjukkan peningkatan. Nilai prasiklus sebesar 59,44 termasuk kategori kurang baik, siklus 1 sebesar 67,59 termasuk kategori cukup baik dan siklus 2 sebesar 77,44 termasuk kategori baik. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Kokami pada mata pelajaran PKn tema harga diri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58216
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository