PENGGUNAAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI PROGRAM EXCEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Genteng Standar Kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan
peneliti. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive yaitu di SMA
Muhammadiyah 3 Genteng. Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 3 Genteng semester genap tahun ajaran 2013/2014. Metode
pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti antara lain observasi, tes, wawancara
dan dokumen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data
diskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pada siklus I skor rata-rata motivasi sebesar 3,37 yaitu pada kategori sedang.
Nilai tugas siswa selama mengerjakan tugas akuntansi dengan menggunakan media
aplikasi komputer akuntansi program excel, pada siklus I nilai rata-rata siswa pada
kategori cukup sebesar 70,63. Hasil penelitian siklus II menunjukkan tingkat motivasi
siswa mengalami peningkatan dari siklus I. Skor rata-rata motivasi yang dimiliki
siswa kelas XI IPS dari sebesar 3,37 kategori sedang pada siklus I menjadi sebesar
4,34 kategori tinggi pada siklus II, dengan peningkatan 0,96. Nilai tugas siswa juga
mengalami peningkatan pada siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai
70,63 kategori tidak tuntas, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat sebesar
81,25 kategori tuntas, peningkatannya adalah 10,63. Hal ini dikarenakan siswa mulai
dapat menganalisis dengan baik dan mulai terbiasa menggunakan media aplikasi
komputer akuntansi program excel, siswa sudah tidak merasa kesulitan dalam
menggunakan media tersebut, mereka sudah hafal dan paham betul cara
menggunakannya.