Show simple item record

dc.contributor.authorMARTHALITA DWI THERYSSIA
dc.date.accessioned2014-07-11T06:14:34Z
dc.date.available2014-07-11T06:14:34Z
dc.date.issued2014-07-11
dc.identifier.nimNIM100210301006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58203
dc.description.abstractAktivitas siswa diketahui melalui pengamatan dengan hasil yaitu 98% siswa memiliki aktivitas sangat baik artinya tidak ada aktivitas kecurangan siswa yang biasanya dilakukan pada tes konvensional seperti bertanya, berdiskusi, dan menyalin jawaban teman. Hal tersebut karena adanya sistem randomisasi soal sehingga siswa tidak dapat saling mencotek dan menciptakan nilai karakter kemandirian dan kejujuran dari siswa. Tes objektif berbasis digital mendapatkan respon sangat positif dari 99% siswa menyatakan bahwa aplikasi mudah dioperasikan, soal sesuai materi dan bahasa mudah dipahami. Hasil nilai uji beda diperoleh | t hitung | > dari t tabel atau | -14,931| > 2,028 sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai pretes menggunakan tes objektif konvensional dan nilai postes menggunakan tes objektif berbasis digital memberikan hasil yang berbeda nyata yaitu adanya peningkatan hasil belajar. Efisiensi tes objektif berbasis digital diketahui dari penggunaan waktu yang lebih singkat dalam proses evaluasi hasil belajar. Menurut standar waktu tes konvensional untuk mengerjakan tes membutuhkan waktu 90 menit tetapi dengan tes berbasis digital hanya memerlukan 50 menit karena siswa tidak memiliki kesempatan untuk bertanya, berdiskusi ataupun menyalin jawaban. Pengkoreksian jawaban siswa hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit sehingga nilai dapat langsung diketahui oleh siswa. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, tes objektif berbasis digital efektif dan efisien dalam mengukur hasil belajar. Soal yang digunakan dalam tes objektif berbasis digital telah dinyatakan valid oleh ahli isi dan konstruksi soal dengan total skor rata-rata 3,9. Dari hasil efektivitas dan efisiensi, sangat mendukung untuk dilakukan pengukuran hasil belajar pada mata pelajaran lain dengan menggunakan tes objektif berbasis digital.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries1002 1030 1006;
dc.subjectBerbasis Digital, Akuntansi dan Keuanganen_US
dc.titlePENGEMBANGAN TES OBJEKTIF BERBASIS DIGITAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN MATERI AKUN (REKENING) PADA SISWA KELAS X-AK2 DI SMK NEGERI 1 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record