• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF BERBASIS DIGITAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN MATERI AKUN (REKENING) PADA SISWA KELAS X-AK2 DI SMK NEGERI 1 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Marthalita Dwi Theryssia - 100210301006_1.pdf (647.2Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    MARTHALITA DWI THERYSSIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas siswa diketahui melalui pengamatan dengan hasil yaitu 98% siswa memiliki aktivitas sangat baik artinya tidak ada aktivitas kecurangan siswa yang biasanya dilakukan pada tes konvensional seperti bertanya, berdiskusi, dan menyalin jawaban teman. Hal tersebut karena adanya sistem randomisasi soal sehingga siswa tidak dapat saling mencotek dan menciptakan nilai karakter kemandirian dan kejujuran dari siswa. Tes objektif berbasis digital mendapatkan respon sangat positif dari 99% siswa menyatakan bahwa aplikasi mudah dioperasikan, soal sesuai materi dan bahasa mudah dipahami. Hasil nilai uji beda diperoleh | t hitung | > dari t tabel atau | -14,931| > 2,028 sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai pretes menggunakan tes objektif konvensional dan nilai postes menggunakan tes objektif berbasis digital memberikan hasil yang berbeda nyata yaitu adanya peningkatan hasil belajar. Efisiensi tes objektif berbasis digital diketahui dari penggunaan waktu yang lebih singkat dalam proses evaluasi hasil belajar. Menurut standar waktu tes konvensional untuk mengerjakan tes membutuhkan waktu 90 menit tetapi dengan tes berbasis digital hanya memerlukan 50 menit karena siswa tidak memiliki kesempatan untuk bertanya, berdiskusi ataupun menyalin jawaban. Pengkoreksian jawaban siswa hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit sehingga nilai dapat langsung diketahui oleh siswa. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, tes objektif berbasis digital efektif dan efisien dalam mengukur hasil belajar. Soal yang digunakan dalam tes objektif berbasis digital telah dinyatakan valid oleh ahli isi dan konstruksi soal dengan total skor rata-rata 3,9. Dari hasil efektivitas dan efisiensi, sangat mendukung untuk dilakukan pengukuran hasil belajar pada mata pelajaran lain dengan menggunakan tes objektif berbasis digital.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58203
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository