Show simple item record

dc.contributor.authorSISCA LINDA PRAHESTI
dc.date.accessioned2014-07-11T03:49:02Z
dc.date.available2014-07-11T03:49:02Z
dc.date.issued2014-07-11
dc.identifier.nimNIM090210102069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58194
dc.description.abstractBerdasarkan analisis data aktivitas belajar untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort memiliki presentase rata-rata aktivitas belajar sebesar 89,81% sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung (konvensional) memiliki presentase rata-rata aktivitas belajar sebesar 86,32%. Berdasarkan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan uji Independent Samples ttest diperoleh nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,011 atau nilai Sig. < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional). Hasil uji t hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (1-tailed) sebesar 0.0005 atau <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional) dalam pembelajaran fisika di SMA. Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional). (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102069;
dc.subjectLearning Together, Card Sort, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DISERTAI MEDIA CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record