• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DISERTAI MEDIA CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    SISCA LINDA PRAHESTI - 090210102069_1.pdf (904.3Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    SISCA LINDA PRAHESTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan analisis data aktivitas belajar untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort memiliki presentase rata-rata aktivitas belajar sebesar 89,81% sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung (konvensional) memiliki presentase rata-rata aktivitas belajar sebesar 86,32%. Berdasarkan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan uji Independent Samples ttest diperoleh nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,011 atau nilai Sig. < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional). Hasil uji t hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (1-tailed) sebesar 0.0005 atau <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional) dalam pembelajaran fisika di SMA. Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional). (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58194
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository