IMPLEMENTASI SALURAN DISTRIBUSI PRODUK SUWAR-SUWIR DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UD. RAMA JEMBER
Abstract
Hasil dari penelitian ini adalah UD. Rama Jember dalam memasarkan produk
suwar-suwir menggunakan dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung
dan saluran distribusi tidak langsung. Untuk saluran distribusi langsung perusahaan
menggunakan sales dari UD. Rama untuk membantu menawarkan suwar-suwir
langsung ke konsumen, konsumen juga dapat langsung beli ke perusahaan,
sedangkan untuk distribusi tidak langsung UD. Rama menggunakan perantara untuk
membantu menjual produknya yaitu pengecer, UD. Rama menitipkan dan menjual
suwar-suwir di pengecer-pengecer yang ada di kabupaten Jember dan di luar
Kabupaten Jember.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah dengan penerapan
kedua saluran distribusi, yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak
langsung perusahaan dapat meningkatkan penjualannya, perusahaan dapat
mengetahui keluhan-keluhan produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan produk
suwar-suwir UD. Rama dapat dikenal oleh masyarakat luas di dalam kota maupun
diluar kota.