PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE CABANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah relationship marketing
berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan
penelitian pengujian teori atau confirmatory research. Populasi dalam penelitian ini
adalah nasabah PT Prudential Cabang Jember yang pernah melakukan proses klaim.
Sampel penelitian ini yakni nasabah yang melakukan proses klaim di Rumah Sakit
Jember Klinik pada tahun 2013 sebanyak 100 orang. Metode pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Structural
Equation Modeling (SEM).
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa relationship marketing berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah asuransi Prudential dan relationship marketing
berpengaruh signifikan loyalitas nasabah asuransi Prudential serta kepuasan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah asuransi Prudential.