Show simple item record

dc.contributor.authorTriwahju Hardianto
dc.contributor.authorHari Sutjahjono
dc.contributor.authorDedy Dwilaksana
dc.date.accessioned2014-06-30T06:38:10Z
dc.date.available2014-06-30T06:38:10Z
dc.date.issued2014-06-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57879
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jemberen_US
dc.description.abstractPenelitian ini adalah tahap awal dari pelaksanaan penelitian mengenai sistem pengereman regeneratif mobil listrik Universitas Jember. Aplikasi sistem pemulihan energi menggunakan energi kinetik pada mobil listrik pada saat melakukan pengereman. Aplikasi KERS (Kinetic Energy Recovery System) diharapkan dapat memperbaiki performa sistem penyimpanan energi listrik dan meningkatkan jarak tempuh mobil listrik dengan adanya sistem regeneratif pada sistem pengisian baterai sebgai hasil bangkitan dari sistem pengereman. Sistem pengereman regeneratif yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan membuat prototype yang terdiri atas tiga komponen utama yakni CVT (continously variable transmission), flywheel dan clutch. Data yang diperoleh pada hasil percobaan menunjukkan hubungan parameter-parameter yaitu kecepatan roda mobil, kecepatan flywheel dan durasi flywheel pada saat pengereman. Pada salah satu hasil pengambilan data diperoleh data kecepatan roda sebesar 680 rpm, kecepatan flywheel 128 rpm dengan durasi putaran flywheel setelah pengereman adalah 21,42 detik.en_US
dc.publisherFak. Teknik'13en_US
dc.relation.ispartofserieshibah bersaing;96
dc.subjectKERSen_US
dc.subjectCVTen_US
dc.subjectFlywheelen_US
dc.subjectClutchen_US
dc.subjectEnergi Kinetiken_US
dc.titleRANCANG BANGUN PENGEREMAN REGENERATIVE (KERS) PADA MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS JEMBERen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record