RANCANG BANGUN PENGEREMAN REGENERATIVE (KERS) PADA MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS JEMBER
View/ Open
Date
2014-06-30Author
Triwahju Hardianto
Hari Sutjahjono
Dedy Dwilaksana
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini adalah tahap awal dari pelaksanaan penelitian mengenai sistem pengereman regeneratif mobil listrik Universitas Jember. Aplikasi sistem pemulihan energi menggunakan energi kinetik pada mobil listrik pada saat melakukan pengereman. Aplikasi KERS (Kinetic Energy Recovery System) diharapkan dapat memperbaiki performa sistem penyimpanan energi listrik dan meningkatkan jarak tempuh mobil listrik dengan adanya sistem regeneratif pada sistem pengisian baterai sebgai hasil bangkitan dari sistem pengereman. Sistem pengereman regeneratif yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan membuat prototype yang terdiri atas tiga komponen utama yakni CVT (continously variable transmission), flywheel dan clutch. Data yang diperoleh pada hasil percobaan menunjukkan hubungan parameter-parameter yaitu kecepatan roda mobil, kecepatan flywheel dan durasi flywheel pada saat pengereman. Pada salah satu hasil pengambilan data diperoleh data kecepatan roda sebesar 680 rpm, kecepatan flywheel 128 rpm dengan durasi putaran flywheel setelah pengereman adalah 21,42 detik.
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]