dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi pemasaran yang dilakuakan oleh pedagang
tradisional bidang fesyen dalam menghadapi modernisasi pasar di Pasar Pamenang Kabupaten Kediri. Analisis data yang
digunakan adalah analisis komprehensif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu : reduksi
data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan menggunakan matriks konseptual, matriks deskriptif-tertata,
dan matriks dinamika situs dari pedagang tradisional bidang fesyen. Teknik pengumpulan data melalui key informan yang
ditentukan dengan teknik purpossive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara terbuka
secara mendalam (indept interview) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang
tradisional bidang fesyen adalah adanya bauran pemasarn (marketing mix), yang terdiri dari produk yang dijual (product)
penentuan harga (price), promosi (promotion) dan saluran distribusi (place) yang dimanfaatkan. Dari bauran pemasaran
tersebut lebih ditekankan pada penentuan harga yang murah kelengkapan dan keberagaman produk barang dagangan yang
dijual (product), barang dagangan yang komplit dan lengkap serta banyak pilihan model dan warna. Hal tersebut merupakan
kekuatan dari pedagang tradisional bidang fesyen. Promosi yang dilakukan menggunakan metode komunikasi ritel dengan
pelanggan, personal yang tidak dibayar yaitu dari mulut ke mulut (word of mouth). Dalam memanfaatkan saluran distribusi
(place) pedagang tradisional bidang fesyen selain menjual barang dagangannya kepada konsumen akhir juga menjual barang
dagangannya kepada pedagang yang barangnya dijual lagi, pedagang keliling, dan lain-lain yang dijual kepada konsumen
akhir. Hal tersebut dilakukan agar barang dagangannya tetap laku dan meningkatkan volume penjualan dalam menghadapi
persaingan usaha. | en_US |