• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Social And Politic
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Social And Politic
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Tradisional Bidang Fesyen Dalam Menghadapi Modernisasi Pasar Di Pasar Pamenang Kabupaten Kediri

    Thumbnail
    View/Open
    Nuz Ganesha.pdf (337.4Kb)
    Date
    2013
    Author
    Ganesha, Nuz
    Poerwanto
    Dwi Handini, Yuslinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi pemasaran yang dilakuakan oleh pedagang tradisional bidang fesyen dalam menghadapi modernisasi pasar di Pasar Pamenang Kabupaten Kediri. Analisis data yang digunakan adalah analisis komprehensif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu : reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan menggunakan matriks konseptual, matriks deskriptif-tertata, dan matriks dinamika situs dari pedagang tradisional bidang fesyen. Teknik pengumpulan data melalui key informan yang ditentukan dengan teknik purpossive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara terbuka secara mendalam (indept interview) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang tradisional bidang fesyen adalah adanya bauran pemasarn (marketing mix), yang terdiri dari produk yang dijual (product) penentuan harga (price), promosi (promotion) dan saluran distribusi (place) yang dimanfaatkan. Dari bauran pemasaran tersebut lebih ditekankan pada penentuan harga yang murah kelengkapan dan keberagaman produk barang dagangan yang dijual (product), barang dagangan yang komplit dan lengkap serta banyak pilihan model dan warna. Hal tersebut merupakan kekuatan dari pedagang tradisional bidang fesyen. Promosi yang dilakukan menggunakan metode komunikasi ritel dengan pelanggan, personal yang tidak dibayar yaitu dari mulut ke mulut (word of mouth). Dalam memanfaatkan saluran distribusi (place) pedagang tradisional bidang fesyen selain menjual barang dagangannya kepada konsumen akhir juga menjual barang dagangannya kepada pedagang yang barangnya dijual lagi, pedagang keliling, dan lain-lain yang dijual kepada konsumen akhir. Hal tersebut dilakukan agar barang dagangannya tetap laku dan meningkatkan volume penjualan dalam menghadapi persaingan usaha.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57662
    Collections
    • SRA-Social And Politic [333]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository